Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Untuk anda yang saat ini tengah menderita asam lambung naik, maka inilah daftar makanan penyebab asam lambung naik yang pantang untuk dikonsumsi karena bisa membuat penyakit asam lambung anda semakin parah dan sulit untuk disembuhkan.

Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Asam lambung yang naik atau naiknya ke saluran pernafasan di bagian tenggorokan umumnya dialami oleh semua penderita maag.Dimana gejala ini sangat tidak nyaman karena menyebabkan sakit perut, perasaan sesak di bagian dada dan nyeri yang sangat hebat.

Jika kondisi tersebut tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan komplikasi.Penderita maag sangat sulit untuk disembuhkan karena asam lambung yang naik terus terjadi, dimana hal ini berkaitan dengan pola makan dan kebiasaan hidup yang baik.

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan bisa menyebabkan asam lambung kambuh kembali, maka karena itu penderita penyakit ini sering merasa frustasi karena tidak bisa memilih makanan dengan bebas.

Makanan Penyebab Asam Lambung NaikKhusus untuk penderita asam lambung, maka ada beberapa jenis makanan yang memang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering.Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan asam lambung naik diantaranya :

  • Salad

Hidangan salad biasanya hanya terdiri dari buah dan sayuran yang ditambah dengan mayonese atau krim, dimana campuran bahan ini rendah kalori sehingga membuat perut menjadi cepat terasa lapar.

Hal tersebutlah yang membuat lambung memproduksi asam yang berlebihan, untuk mencegah asam lambung maka jika anda makan salad sebaiknya tambahkan makanan padara lain seperti biji-bijian.

  • Makaroni

Hidangan makaroni yang dimasak menjadi berbagai jenis makanan yang justru bisa menyebabkan asam lambung tinggi, karena makaroni terbuat dari gandum dan mengandung karbohidrat lembut yang sangat tinggi.

Ditambah lagi dengan penambahan beberapa bahan lain seperti keju, saos dan kentang yang membuat makanan ini menjadi lebih serat untuk lambung.

  • Paprika

Meskipun paprika tidak memiliki rasa pedas seperti cabai namun paprika mengandung asam yang cukup tinggi sehingga menyebabkan lambung dan usus menjadi sangat sensitif.

Dimana asam inilah yang dikhawatirkan bisa menyebabkan asam lambung menjadi sangat tinggi.Jika anda tidak bisa menghilangkan paprika dalam menu sehari-hari, tapi cukup dikurangi jumlahnya.

  • Coklat

Makanan yang mengandung coklat bisa menyebabkan asam lambung menjadi tinggi, hal ini disebabkan karena coklat mengandung lemak padat yang sulit untuk bisa masuk ke dalam saluran pencernaan.

Coklat akan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna sehingga menekan keinginan untuk makan, alasan lain adalah karena coklat mengandung bahaya kafein yang bisa menyebabkan keregangan untuk saluran di bagian kerongkongan.

  • Keripik

Aneka jenis keripik yang digoreng akan membuat asam lambung menjadi naik, hal ini terjadi karena ada banyak minyak yang masuk dalam saluran pencernaan dan menyebabkan reakti produksi penyebab asam lambung.

Selain itu, keripik biasanya memberikan efek yang mengenyangkan sehingga lebih berbahaya sehingga lebih baik penderita asam lambung mengkonsumsi makanan lebih sering dalam porsi yang sedikit.

  • Tomat

Tomat termasuk buah yang sangat menyehatkan, namun tomat merupakan makanan yang mengandung zat antioksidan dan vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Akan tetapi, tomat mengandung zat asam yang sangat tinggi.Jika mengkonsumsi tomat berlebihan maka banyak asam yang akan masuk ke dalam saluran pencernaan.

  • Keju

Di dalam keju mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan asam lambung naik, hal ini bisa membuat perut perih dan melilit setelah makan keju.

Namun jika anda tetap ingin makan keju, maka pilihlah jenis keju yang rendah lemak.Selain itu, hindari semua jenis krim keju karena biasanya diolah dari keju yang mengandung lemak tinggi.

  • Daging

Bagi anda yang menderita maag sebaiknya jangan mengkonsumsi daging yang terlalu banyak, karena daging sapi maupun daging ayam yang mengandung lemak akan membuat pencernaan seulit untuk menerimanya.

Usus membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna sumber lemak, ketika tidak dicerna dengan baik maka prosuksi asam akan naik dan menyebabkan perut menjadi terasa lebih perih.

  • Makanan Yang Digoreng

Semua jenis makanan yang digoreng bisa menyebabkan kadar asam lambung naik atau sampai ke kerongkongan.Itu karena, minyak akan membuat pencernaan menjadi tidak nyaman dan sering memancing anda untuk besendawa.

Ketika bersendawa maka sebagain asam dari lambung bisa naik hingga ke kerongkongan, dimana kondisi ini bisa menyebabkan mual dan muntah secara berlebihan.

  • Gula

Semua jenis makanan yang mengandung gula tinggi seperti permen sebaiknya dimakan dalam jumlah terbatas saja, karena penderita maag memiliki lambung dan usus yang sangat sensitif terhadap gula.

Pada awalnya gula akan membuat perut nyaman dan tidak terasa lapar, tapi secara perlahan gula akan membuat kondisi maag menjadi kronis.Itu karena gula seperti lemak yang masuk ke lambung yakni membuat produksi asamm lambung menjadi lebih tinggi.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab asam lambung tinggi yang pantang untuk anda konsumsi.Selain itu, anda juga perlu mengetahui beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung diantaranya :

  • Kunyit
  • Wortel
  • Brokoli
  • Pisang
  • Timun
  • Semangka
  • Jahe
  • Kentang
  • Apel
  • Dan Lidah Buaya

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai makanan penyebab asam lambung tinggi, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.Terimakasih telah meluangkan waktunya untuk menyimak artikel sederhana ini.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan (Dada) Secara Alami

by post : Ahlinya Obat Ambeien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *