Virus Rubella Pada Orang Dewasa

Bagi anda yang mengalami penyakit rubella sebaiknya perlu mengetahui virus rubella pada orang dewasa supaya anda bisa mencegah terjadinya komplikasi dan bisa terhindar dari penyakit ini.

Virus Rubella Pada Orang DewasaRubella adalah salah satu penyakit menular yang di sebabkan oleh virus yang mana bisa menyebar melalui droplet bersin atau ingus orang yang terinfeksi, penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Meskipun penyakit ini umumnya ringan pada anak-anak, akan tetapi sangat berbahaya bagi wanita hamil karena bisa menyebabkan sindrom rubella kongenital yang bisa mengakibatkan kelainan bawaan pada bayi bahkan sampai menimbulkan kematian pada bayi.

Biasanya virus ini menyerang lulit dan kelenjar getah bening yang akan di tandai dengan ruam yang khas berwarna merah serta adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening akibat inflamasi.

Dalam sebuah penelitian WHO di perkirakan setiap tahunnya terdapat sekitar 100.000 bayi di dunia yang terlahir dengan sindrom rubella kongenital yang mana bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi seperti : tuli, katarak, penyakit jantung kongenital, kerusakan otak, organ hati, serta paru-paru.

Biasanya penderita rubella pada anak-anak akan cenderung mengalami gejala lebih ringan di bandingkan pada orang dewasa.Pada umumnya penyakit ini membutuhkan waktu sekitar 14-21 hari sejak terjadi papanan sampai menimbulkan gejala seperti :

  • Mengalami demam
  • Merasakan sakit kepala
  • Mengalami hidung tersumbat atau beringus
  • Nafsu makan berkurang dan sering mual
  • Terjadi iritasi ringan pada mata
  • Mengalami pembengkakan kelenjar limfa pada telinga dan leher
  • Terdapar ruam berbentuk bintik-bintik kemerahan yang awalnya hanya muncul pada wajah yang kemudian akan menyebar ke badan, tangan dan kaki yang mana akan berlangsung selama 1-4 hari
  • Akan merasakan nyeri pada sendi terutama pada penderita wanita

Pada saat terinfeksi, virus akan menyebar ke seluruh tubuh dalam waktu 5-7 hari yang mana masa penukaran tertinggi penderita rubella biasanya terjadi pada 1-5 hari setelah ruam itu muncul dan jika anda merasakan gejala seperti di atas sebaiknya cepat periksakan ke dokter.

Selain di akibatkan oleh adanya virus rubella, namun ada beberapa hal yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit rubella terutama pada orang dewasa diantaranya :

  • Sebelumnya pernah mengalami rubella
  • Tidak pernah menerima paksin gondok, cacar air dan campak
  • Akibat sering berpergian ke negara lain atau tempat epidemi rubella

Salah satu cara ingin mencegah virus rubella yaitu dengan melakukan imunisasi serta vaksinisasiĀ  dengan kombinasi vaksin MMR yang sangat efektif untuk memberikan kekebalan tubuh secara maksimal.Biasanya pemberian vaksin ini pada anak di usia 12 bulan atau sekitar 1 tahun setelah kelahiran dan vaksin kedua pada anak usia 4 sampai 6 tahun.

Cara Penanganan Penyakit Rubella

Meskipun penyakit ini tidak membutuhkan penanganan medis secara khusus dari dokter, namunĀ  penangana bisa anda lakukan di rumah dengan langkah-langkah sederhana yang bertujuan untuk meringankan gejala dan mempercepat penyembuhan.Berikut ini ada beberapa langkah penanganan sederhana yang bisa di lakukan diantaranya :

  • Beristirahatlah sebanyak mungkin.
  • Perbanyaklah minum air putih guna untuk mencegah dehidrasi.
  • Jika ingin mengurangi nyeri dan demam sebaiknya penderita mengkonsumsi obat anti nyeri.
  • Sebaiknya minum air hangat bercampur madu dan lemon untuk meredakan sakit tenggorokan dan hidung beringus.

Lakukanlah beberapa langkah seperti di atas seawal mungkin karena jika di diamkan penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya bahkan bisa mengancam jiwa.

Apakah Anda Menunggu Penyakit Rubella Mengancam Anda ? Kami Tidak Mengharapkan Demikian, Segera Atasi Dengan Serius KLIK DISINI Untuk Mendapatkan Solusinya !!!

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Ahlinya Obat Ambeien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *