Tanda-Tanda Asam Lambung Dan Komplikasinya

Banyak orang yang masih belum tahu akan tanda-tanda asam lambung dan komplikasinya, padahal hal ini penting untuk diketahui guna mencegah penyakit asam lambung berkembang lebih parah.

Maka untuk itu, dengan adanya artikel ini semoga anda bisa menyadari apakah anda menderita penyakit asam lambung atau tidak ? Silakan di simak artikel di bawah ini !

Tanda-Tanda Asam LambungTanda-Tanda Asam Lambung Dan Komplikasinya

Organ pencernaan bisa jadi merupakan organ yang paling rentang terhadap berbagai macam penyakit, hal ini tidak lain karena setiap saat kita mengkonsmsi berbagai jenis makanan dan juga minuman.

Namun, pola makan yang tidak sehat bisa berakibat buruk pada sistem pencernaan kita.Salah satu jenis penyakit pencernaan yang sangat umum diderita kebanyakan orang adalah penyakit asam lambung.

Dimana dalam istilah medis asam lambung di sebut dengan GERD (Gastroesophageal Riflux Disease) merupakan salah satu penyakit pencernaan yang disebabkan naiknya asam lambung menuju esofagus dan menyebabkan nyeri ulu hati atau munculnya sensasi terbakar area dada.

Selain itu, berikut ini ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya asam lambung diantaranya :

  • Akibat adanya penyakit tertentu seperti diabetes dan juga stres
  • Memiliki kebiasaan buruk seperti terlalu banyak mengkonsumsi coklat, kopi, alkohol dan sering merokok
  • Lower esophageal sphincter ( LES )yang tidak berfungsi
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak
  • Kehamilan juga berpotensi menyebabkan menurunya fungsi otot LES karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh

Asam lambung termasuk penyakit yang umum sehingga sangat rentan di derita oleh semua usia.Namun, sayangnya banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan gejala-gejala dari penyakit ini.

Akibatnya banyak penderita asam lambung yang terlambat memperoleh penanganan medis karena tidak mengetahui gejala apa saja dari ini.Maka untuk itu, berikut ini ada beberapa tanda-tanda penyakit asam lambung yang perlu diketahui yakni :

(1) Kesulitan Menelan

Asam lambung yang naik ke area kerongkongan sekaligus akan menyebabkan makanan yang hendak di telan menjadi kembali ke area mulut.

Dimana pada kondisi semacam ini muncul gejala mual sehingga penderita asam lambung akan kesulitan menelan makanan yang dikonsumsinya.

(2) Bersendawa Terus Menerus

Peningkatan jumlah asam di dalam lambung sekaligus akan menyebabkan peningkatan jumlah gas di dalam perut sehingga menyebabkan gejala bersendawa terus menerus.Selain itu, penderita asam lambung juga biasanya akan mengalami gejala perut kembung sehingga perut terasa penuh.

(3) Sakit Tenggorokan

Dimana sakit tenggorokan ini terjadi akibat adanya laringitis yakni peradangan yang terjadi pada laring atau pita suara sehingga menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan juga suara akan menjadi parau.

Maka tidak heran jika penderita asam lambung sering mengalami gejala kesulitan menelan dan juga memiliki suara yang relatif parau.

(4) Kerusakan Gigi

Asam lambung yang kembali naik ke kerongkongan bahkan sampai mencapai area mulut akan menyebabkan pengeroposan pada gigi, dimana kondisi tersebut tidak lain dari sifat asam lambung itu sendiri yang bisa menyebabkan kesehatan gigi terganggu.

Maka oleh karena itu, penderita asam lambung yang sudah relatif lama biasanya akan mengalami gejala kerusakan gigi seperti gigi mudah berlubang dan mengalami karies.

(5) Muncul Rasa Asam Dan Pahit Di Mulut

Dimana rasa asam dan juga pahit muncul sebagai akibat refluks asam lambung atau regurgitasi.Refluks tersebut akan menyebabkan naiknya asam lambung ke area kerongkongan bahkan hingga ke mulut.

(6) Batuk Kering

Munculnya gejala batuk kering terutama di malam hari karena penderita asam lambung yang sedang berbaring akan memungkinkan jumlah asam lambung kembali ke area kerongkongan semakin meningkat

(7) Bau Mulut

Kebanyakan orang mengira bahwa bau mulut merupakan gangguan yang terjadi di area mulut, namun naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan bahkan ke area mulut bisa menyebabkan gejala bau mulut.

Selain itu, asam lambung juga akan menyebabkan makanan yang sudah dicerna naik kembali ke kerongkongan, hal inilah yang menyabkan penderita asam lambung cenderung memiliki bau nafas yang tidak sedap.

(8) Tinja Berdarah Atau Berwarna Hijau

Pada kondisi yang sudah tergolong parah, penderita asam lambung kemungkinan juga akan mengalami gejala buang air besar yang disertai dengan darah bahkan pada beberapa kasus tinja bisa juga berwarna hitam.

Tinja yang disertai dengan darah tersebut merupakan akibat dari dinding lambung yang mengalami iritasi atau luka sehingga darah dari dinding lambung tersebut terbawa keluar bersamaan dengan tinja.

(9) Nyeri Ulu Hati Atau Sensasi Terbakar Di Area Dada

Kondisi seperti ini merupakan reaksi yang wajar ketika asam lambung naik ke kerongkongan, saat asam lambung naik ke kerongkongan maka organ kerongkongan akan mengalami iritasi.

Pada saat perut kosong biasanya gejala ini tidak terlalu terasa, namun ketika badan digunakan untuk membungkuk atau ketika seseorang selesai makan biasanya gejala ini akan terasa lebih parah.

(10) Peningkatan Jumlah Air Liur Secara Tiba-Tiba

Munculnya gejala peningkatan jumlah air liur ini biasanya akan terjadi ketika penyakit asam lambung kambuh, pada kondisi seperti ini biasanya juga akan muncul gejala mulut terasa asam dan pahit.

Peningkatan jumlah air liur di dalam mulut ini sebenarnya merupakan reaksi yang normal sebagai upaya tubuh untuk menetralkan jumlah asam yang berlebih yang naik hingga ke area mulut dan juga kerongkongan.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda penyakit asam lambung dari mulai yang ringan hingga yang paling parah.Untuk gejala asam lambung yang tergolong ringan biasanya bisa diredakan dengan mengkonsumsi obat-obatan.

Namun jika gejala yang muncul relatif sering dan sudah tergolong parah makan penderita hendaknya melakukan pemeriksaan medis, karena jika dibiarkan begitu saja tanpa melakukan pengobatan secara cepat asam lambung ini bisa menimbulkan adanya komplikasi seperti :

  • Penyempitan saluran esofagus
  • Esofagus barrett
  • Asma
  • Tukak Esofagus

Dilakukan pengobatan bertujuan untuk mencegah terjadinya kondisi semakin parah atau munculnya komplikasi seperti diatas.Dimana untuk pengobtan asam lambung yang bisa dilakukan yakni anda bisa mengobatinya secara medis maupun secara tradisional.

Untuk pengobatan asam lambung secara tradisional maka dilakukan dengan menggunakan obat herbal asam lambung yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping.

Itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tanda-tanda asam lambung dan komplikasinya, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membantu penyembuhan asam lambung yang anda derita.

by post : Ahlinya Obat Ambeien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *