Ciri-Ciri Penyakit Kulit Scabies Pada Manusia

Mengenali ciri-ciri penyakit kulit scabies pada manusia merupakan langkah awal pencegahan yang paling jitu untuk terhindar dari bahaya penyakit scabies yang timbulkan.

Ciri-Ciri Penyakit Kulit Scabies Pada ManusiaPenyakti scabies sendiri merupakan salah satu penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh tungau atau kutu kecil yang bernama Sarcoptes scabiei varian homonis, yang di tandai dengan adanya keluhan rasa gatal terutama pada malam hari dan mudah menular melalui kontak langsung atau tidak langsung.

Maka tidak heran jika penyakit scabies ini akan mengenai orang secara berjemaah seperti : dalam satu keluarga, satu asrama, pondok pesantren dan satu sekolah.

Biasanya kontak seksual adalah cara yang paling umum scabies ditularkan.Penularan ini juga bisa terjadi dari orangtua ke anak-anak, terutama dari ibu ke anak.

Penyakit scabies biasanya memiliki masa inkubasi sekitar 30-60 hari sebelum muncul rasa gatal dan ruam, tetapi jika anda pernah mengidap scabies sebelumnya maka kemungkinan besar kemunculan gejala akan jauh lebih cepat.

Pada beberapa kasus pasien dengan sistem kekebalan yang lemah, ruam scabies bisa menyebabkan kulit menjadi mengeras.Tungau ini tidak tersebar melalui hewan dengan tipe tungau yang sama sehingga sangat tidak mungkin untuk terkena scabies melalui hewan peliharaan seperti : anjing dan kucing.

Ciri-Ciri Penyakit Kulit Scabies Pada Manusia

Dan berikut ini ada beberapa ciri-ciri penyakit kulit scabies pada manusia yang kerap muncul dan di rasakan oleh penderitanya diantaranya :

  • Terdapat garis berbentuk seperti lorong di atas permukaan kulit pada bagian tubuh maupun terkecuali wajah, yang disebabkan oleh aktivitas tungau pada lapisan kulit.
  • Akan merasakan gatal yang intens terutama pada malam hari atau saat suhu tubuh meningkat seperti saat olahraga atau setelah mandi air hangat.
  • Terjadi iritasi jerawat, kulit yang terlihat kemerahan (ruam) , timbul benjolan, ruam gatal pada pergelangan tangan, lipatan tangan, sela-sela jari dan bagian tubuh lainnya.
  • Pada bayi biasanya akan timbul bisul di bagian kepala, wajah, leher, telapak kaki dan telapak tangan.

Jika anda ingin mengurangi gejala penyakit scabis yang ditimbulkan seperti di atas, maka anda bisa menjaga kebersihan badan dengan mandi secara teratur, menjemur kasur, bantal dan sprei secara teratur serta menjaga lingkungan di dalam rumah supaya tetap mendapat sinar matahari yang cukup.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Scabies Yang Benar ?

Penyakit scabies ini akan sembuh dengan sendirinya, jika ingin menghilangkannya ataupun supaya penyakit ini tidak menyebar pada orang lain maka perlu melakukan pengobatan, salah satunya dengan mengkonsumsi Jelly Gamat QNC.

Selain bisa dikonsumsi, ternyata produk herbal ini bisa dioleskan pada kulit yang terkena luka seperti ruam merah akibat penyakit scabies dan sebaiknya gunakan secara teratur.

Baca Selengkapnya ⇒ Cara Mengobati Scabies Pada Manusia Secara Alami

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai ciri-ciri penyakit kulit scabies pada manusia, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Ahlinya Obat Ambeien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *