5 Komplikasi Gendang Telinga Pecah

Bagi anda yang mengalami gendang telinga pecah, maka sangat penting untuk mengetahui 5 komplikasi gendang telinga pecah ? Itu karena, supaya anda bisa mengatasi kondisi tersebut.Silakan di simak !!!

Komplikasi Gendang Telinga PecahKomplikasi Gendang Telinga Pecah

Gendang telinga pecah adalah kondisi dimana adanya sobekan pada membran timpani , yang mana kondisi ini bisa mengakibatkan gangguan berupa hilangnya pendengaran dan infeksi pada telinga bagian tengah.

Biasanya gendang telinga pecah bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu tanpa disertai adanya komplikasi, namun apabila gendang telinga pecah tidak bisa pulih juga maka kemungkinan besar anda harus melakukan prosedur medis atau operasi.

Pada umumnya gendang telinga pecah disebabkan oleh adanya faktor yang turut berdampak kepada tingkat gangguan pendengaran seseorang.Dan berikut ini ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya gendang telinga pecah diantaranya :

  • Adanya benda kecil atau benda asing yang masuk ke telinga
  • Terjadi infeksi pada telinga bagian tengaj atau otitis media
  • Akibat suara atau ledakan yang keras (trauma akustik)
  • Barotrauma atau stres pada gendang telinga
  • Trauma parah yang terjadi pada kepala

Biasanya seseorang yang mengalami kondisi seperti ini akan meraskan gejala yang ditimbulkan oleh gendang telinga pecah yakni :

  • Akan merasakan sakit telinga yang bisa berlangsung dan berlalu dengan cepat
  • Tinnitus (kemunculan suara mendenging di dalam telinga)
  • Vertigo (pusing parah dengan keadaaan sekeliling seperti berputar-putar)
  • Mengalami demam
  • Mual dan muntah yang bisa diakibatkan oleh vertigo
  • Kehilangan fungsi pendengaran
  • Terdapat cairan bernanah berwarna bening atau mengandung darah yang keluar dari telinga

Telinga sendiri memiliki struktur dan mekanisme yang rentan terhadap serangan penyakit dan cedera, maka melakukan penanganan yang cepat merupakan hal untuk mendukung pemulihan alami dan akhirnya bisa menyelamatkan pendengaran anda.

Salah satu pengobatan yang bisa anda lakukan apabila gendang telinga yang anda derita belum kunjung pulih juga, maka dokter mungkin akan melakukan tindakan untuk menutup lubang atau sobekan yaitu dengan cara :

  • Menambal gendang telinga
  • Bedah timpanoplastin atau myringoplasty

5 Komplikasi Gendang Telinga Pecah

Apabila gendang telinga pecah yang anda derita dibiarkan begitu saja tanpa adanya melakukan pengobatan, maka kemungkinan besar kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi yang cukup serius.Dan berikut ini ada 5 komplikasi gendang telinga yang mungkin bisa terjadi antara lain :

#1 Kista telinga tengah atau cholesteatoma

Kista pada telinga umumnya terdiri dari serpihan debu atau sisa-sisa sel kulit yang masuk ke dalam telinga bagian luar bersama dengan lilin pelindung telinga (earwax).

Sisa sel kulit ini bisa dengan mudah masuk ke dalam telinga bagian dalam melalui gendang telinga yang rusak dan membentuk kista sebagai tempat berkembangnya bakteri maupun protein perusak tulang.

#2 Otitis Media

Terjadinya gendang telinga yang pecah akan memudahkan masuknya bakteri sehingga kondisi telinga menjadi lebih rentan dan lebih sulit untuk pulih.Jika tidak segera diobati, infeksi akan berkembang dan bisa menyebabkan kehilangan pendengaran, meningkatnya rasa sakit hingga pendarahan.

#3 Kehilangan pendengaran

Kondisi yang satu ini bersifat sementara hingga gendang telinga kembali pulih begitu juga dengan tingkat gangguan pendengaran yang dirasakan.Selain besarnya sobekan, lokasi sobekan juga turut memengaruhi gangguan pendengaran.

#4 Kelumpuhan sementara

Kondisi ini akan terjadi diarea wajah yang diakibatkan oleh terpengaruhnya saraf yang mengendalikan otot wajah.Kondisi ini bisa bersifat permanen pada beberapa kasus.

#5 Perubahan pada indera perasa

Dampak dari kondisi ini bisa berbeda-beda bagi tiap penderitanya, namun sebagian bisa bersifat sementara dan sebagian lainnya permanen.

Nah, itulah beberapa komplikasi gendang telinga pecah apabila tidak ditangani dengan serius dan benar, maka untuk itu sangatlah penting bagi anda untuk menangani gendang telinga pecah yang anda derita saat ini dengan serius dan benar.

Segera Atasi Dan Obati Gendang Telinga Pecah Yang Anda Derita Saat Ini Dengan Serius ? Silakan KLIK DISINI Untuk Mendapatkan Solusinya !!!

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Ahlinya Obat Ambeien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *